Lelang Komputer PC Pertama di Dunia karya John Blankenbaker

Hobi Barang Antik. Apa anda tau komputer PC pertama di dunia, komputer buatan tahun 1971 yang kerap disebut komputer personal (PC) pertama yang dibuat secara komersial pada masa itu, baru-baru ini, hanya satu Kenbak-1 yang berhasil 'selamat' sampai saat ini berhasil terjual dengan harga selangit.

The-Kenbak 1 merupakan karya dari insinyur komputer John Blankenbaker, yang juga pendiri perusahaan Kenbak Corporation di Los Angeles tahun 1971. Awalnya perangkat ini diciptakan sebagai komputer terjangkau bagi sekolah untuk memberikan para siswa pemrograman.

The-Kenbak 1

Sayangnya, penjualan Kenbak-1 tidak sesuai yang diharapkan dan akhirnya hanya sekitar 40 unit yang berhasil diproduksi antara tahun 1971 dan 1973. Menurut Blankenbaker, kegagalan Kenbak-1 akibat pemasarannya yang fokus ke sekolah bukan fans komputer dan pemrograman.

Ukuran Kenbak-1 cukup besar, setengah meter lebih, dengan berat 6.3 kilogram. Cassing dari Kenbak-1 berbentuk poligonal berbahan baja. Mengingat komputer ini muncul sebelum adanya teknologi mikro prosesor, motherboard yang digunakan jauh berbeda dari komputer saat ini. Oleh karena itu, tidak sedikit yang menyebutnya bukan komputer.

Secara spesifikasi, Kenbak-1 termasuk komputer 8-bit dengan memori 256 byte dan hanya bisa melakukan pemrosesan data di bawah 1000 perintah per detik. Di tahun 1971, harga komputer ini sekitar USD 750.

Harga Kenbak-1 dengan nomor seri 0185 dilelang oleh Auction Team Breker pada 7 November lalu. Hasilnya, komputer ini laku dengan harga USD 36.500 atau sekitar Rp 495 jutaan.

Sumber: Gizmag

Related Cars


Nicestcar offers the latest car news as well as a look at the automotive past. Classic cars, muscle cars, exotic cars, supercars, everyday cars - All makes. All models.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Sitemap | Contact

© 2017 Hobi Aneka Usaha