Istimewa iPhone ini bisa Deteksi Gempa hanya dengan Sensor Semungil ini

Alat Deketsi Gempa

Breaking News. Memang, untuk mendeteksi gempa, dibutuhkan alat canggih bernama seismometer yang hanya dimiliki oleh lembaga seperti BMKG. Namun, tahukah Anda bila ada bagian smartphone yang bisa mendeteksi gempa?

Tepat pukul 23.19 WIB malam kemarin (10/09), sebuah gempa berkekuatan 4,9 skala Richter mengguncang daerah Malang dan sekitarnya. Banyak netizen pun lantas mengunjungi situs BMKG untuk mengetahui info seputar gempa itu.

Berdasarkan penelitian tim geologi Italia dari NIGV (National Institute of Geophysics and Volcanology), terungkap bila sensor accelerometer jenis LIS331DLH yang dipakai di iPhone, bisa mendeteksi gempa tak ubahnya seismometer!

Lewat serangkaian percobaan, tim NIGV menyatakan bila accelerometer iPhone mempunyai respon yang sangat baik terhadap gempa. Tetapi, accelerometer itu hanya mampu menangkap goncangan gempa (dengan tepat) di kekuatan 5 skala Richter ke atas.

Hal tersebut oleh ilmuwan dikatakan bukan masalah besar, sebab mayoritas gempa di bawah 5 skala Richter tidak bisa menimbulkan kerusakan.

Perlu diketahui, accelerometer di smartphone dipakai untuk mengontrol tampilan antar muka, tepatnya untuk menyajikan pandangan landscape atau potret layar perangkat, berdasarkan cara perangkat sedang digunakan.

Yang patut disayangkan, saat ini pemakaian sensor ini belum dioptimalkan, termasuk aplikasi-aplikasi yang ada. Jika Anda menemukan aplikasi pendeteksi gempa, semua itu adalah aplikasi palsu semata, sebab vendor smartphone, termasuk Apple, belum sampai ke tahap menggunakan accelerometer sebagai pendeteksi getaran seperti gempa.

Related Cars


Nicestcar offers the latest car news as well as a look at the automotive past. Classic cars, muscle cars, exotic cars, supercars, everyday cars - All makes. All models.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Sitemap | Contact

© 2017 Hobi Aneka Usaha