Bali Sukses dengan Bisnis Ikan Hias

Peluang Usaha Ikan Hias

Breaking News. Bali dikenal dengan pulau dewata yang menghasilkan devisa sebesar USD1,076 juta hanya dari ekspor ikan hias hidup ke pasaran luar negeri selama empat bulan periode Januari-April 2015, menurut laporan adanya meningkatan sebesar 9,59 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat USD982.740,27.


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, mencatat realisasi perdagangan luar negeri, Rabu (10/6/2015) menunjukkan untuk volume pengapalan ikan hias hidup itu meningkat 9,05 persen dari 457.826 ekor pada empat bulan pertama 2014 menjadi 499.258 ekor pada kurun waktu yang sama 2015.

Sedangkan selama 2014 ikan hias hidup itu menghasilkan USD3,25 juta, menurun 4,52 persen dibandingkan tahun sebelumnya mencapai USD3,40 juta.

Namun dari segi volume meningkat signifikan mencapai 239,56 persen dari 1,80 juta ekor pada 2013 menjadi 6,11 juta ekor pada 2014.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panasunan Siregar menjelaskan, ikan hias hidup merupakan salah satu dari sembilan jenis matadagangan hasil perikanan dan kelautan yang menembus pasaran ekspor, disamping ikan tuna, kakap, kepiting, kerapu, lobster dan sirip ikan hiu.

Total ekspor hasil perikanan dan kelautan Bali selama empat bulan pertama 2015 mencapai USD41,96 juta, meningkat 20,34 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat USD34,87 juta.

Sektor perikanan tersebut mampu memberikan andil sebesar 25,79 persen dari total ekspor daerah ini mencapai USD162,70 juta.

Made Sukada, seorang pedagang merangkap eksportir ikan hias hidup di Denpasar menjelaskan, ekspor ikan hias hidup dari Bali dengan tujuan ke Jerman, Inggris, Prancis dan hanya sedikit ke Amerika Serikat (AS).

Pihaknya paling banyak mengekspor ikan hias hidup ke negara kawasan Eropa, disamping negara lainnya termasuk Afrika Selatan.

Perdagangan ikan hias hidup dari Bali, masih tergantung dari kondisi laut, sebab pengusaha belum ada berminat untuk membudidayakan ikan hias air laut untuk memenuhi permintaan pasar ekspor.

Permintaan pasar sebenarnya cukup bagus akan ikan hias hidup terutama dari para penghobi di Eropa dan sejumlah negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Australia, Korea Selatan dan Rusia.

Ekspor ikan hias juga disertai dengan bunga terumbu karang buatan nelayan, terutama di pesisir utara Pulau Bali itu mampu meningakatkan perolehan ekspor non migas Bali, khususnya hasil perikanan dan kelautan.

Ikan hias yang ditangkap di perairan Bali maupun daerah lainnya di Tanah Air diekspor lewat Bandara Ngurah Rai, Bali menembus pasaran mancanegara.

Mantap bukan gimana dengan pulau-pulau Indonesia yang lain menurut saya sih banyak kok tempat-tempat yang spektakuler seleuruh bagian pulau Indonesia

Related Cars


Nicestcar offers the latest car news as well as a look at the automotive past. Classic cars, muscle cars, exotic cars, supercars, everyday cars - All makes. All models.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Sitemap | Contact

© 2017 Hobi Aneka Usaha