Istilah dalam Permainan Billyard


Hobi Billyard memang seru apalagi mainnya bersama kawan-kawan tapi kalau kita tak tau istilah apa saja yang ada dalam permainan Billyard khan malu jadinya. Apalagi kalau yang ngobrol para SPG yang canti-cantik jadi ndak nyambung khan hehehehe.....

Yuk saya perkenalkan istilah apa aja sih yang ada dalam permainan Billyard

BACK SPIN
Arah putaran bola yang berbalik. Terjadi karena sodokan yang mengenai daerah di bawah tengah-tengah bola putih. Putaran balik inilah yang akan membuat cue ball kembali ke area semula pasca tumbukan dengan bola sasaran.

BALL IN HAND
ketika seorang pemain melakukan kesalahan (foul), maka pemain lawan berhak menempatkan cue ball di tempat yang diinginkan untuk membidik bola berikutnya.

BREAK SHOT
sodokan pembukaan pada setiap game.

BRIDGE
jembatan penghubung antara stik (cue) dengan cue ball.

CHALK
perlengkapan yang dipakai untuk melapisi bagian atas (tip) dari cue untuk menjaga sodokan agar tidak terpeleset (missed cue).

CUE
tongkat atau stik penyodok dalam permainan billiar yang biasanya terbuat dari kayu.

CUE BALL
Bola putih yang langsung dikenai oleh cue dan tidak bernomor.

DRAW SHOT
Teknik sodokan yang dapat menghasilkan back spin.

ENGLISH SHOT
teknik untuk menghasilkan spin samping dengan cara memukul bagian kiri atau kanan dari cue ball, di Indonesia lebih sering digunakan istilah efek.

FOLLOW THROUGH SHOT
teknik sodokan dengan menggunakan ayunan dorong pada titik atas dari cue ball. Sodokan ini akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, yang setelah mengenai bola sasaran cue ball akan terus bergulir maju.

GRIP
genggaman tangan saat menyodok.

JOINT
pada stik sambungan yang terdiri dari dua bagian, joint adalah bagian dimana dua bagian tersebut menyatu. Umumnya, material pembuat joint terbuat dari besi, plastik, atau gading dengan berbagai macam model atau bentuk.

MISSED CUE
situasi cue terpeleset pada saat melakukan sodokan terhadap cue ball. Biasanya pada saat terjadi missed cue, suaranya terdengar nyaring seperti bunyi ranting pohon yang dipatahkan (’ctak!’). Karena terpeleset, maka bola sasarannya akan meleset juga atau tidak sesuai yang kita inginkan. Missed cue sering terjadi karena ayunan yang kurang sempurna atau karena olesan chalk-nya kurang.

OBJECT BALL
bola yang akan disasar oleh cue ball untuk dimasukkan ke dalam kantung.

POCKET
kantung pada meja billiar yang berjumlah enam dengan ukuran kurang lebih dua kali diameter bola.

SAFETY SHOT
sodokan bertahan yang bertujuan agar pemain lawan tidak memiliki kesempatan posisi bola yang terbuka. Atau dengan kata lain, ngumpetin bola putih di balik bola yang bukan sasarannya.

SCRATCH
situasi pada saat cue ball masuk ke dalam pocket atau keluar dari meja. Scratch merupakan foul, dan pemain lawan akan mendapatkan kesempatan ball in hand.

Related Cars


Nicestcar offers the latest car news as well as a look at the automotive past. Classic cars, muscle cars, exotic cars, supercars, everyday cars - All makes. All models.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Sitemap | Contact

© 2017 Hobi Aneka Usaha