Tahapan Pembuatan Tempe

Siapa yang tak kenal dengan Tempe. Salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia selain enak tentu memiliki kandungan gizi yang tinggi lho baca selengkapnya disini. Hal ini membuat saya tertarik untuk mengulasnya gimana Tahapan Pembuatan Tempe.

Anda tentu tau bukan bahan dasar dari Tempe. Yuup... Bahan dasarnya adalah kedelai, untuk membuat tempe sebenarnya sangat mudah. Hanya saja selama ini kita tidak mengetahuinya sehingga kita sering menganggap sulit langkah membuat tempe. Nah, untuk membantu sobat sekalian mempelajari cara membuat tempe, ada baiknya anda baca langkah-langkah cara membuat tempe berikut ini.

Berikut Tahapan Pembuatan Tempe
  • Persiapkan biji kedelai yang akan diolah menjadi Tempe
  • Ragi Tempe dimana akan menjadi bahan olahan pembuatannya

Cuci bersih biji kedelai yang telah Anda persiapkan tadi yah lalu rendam selama 1x24 jam hal ini akan membuat biji kedelai menjadi lunak serta mudah untuk menyatukan biji kedelai tadi. Setelah selesai proses perendaman cuci dan bilas dengan air bersih sampai kulit dari biji delai tadi hilang. Kemudian kita rebus kedelai yang udah bersih tadi dengan air sampai mendidih selama kurang lebih 30 menit, setelah itu buang rebusan air tadi yah. Lalu masukan kedalam wajan (orang jawa bilang digongso). Sampai sini biji kedelai tadi kita tiriskan kemudian taburkan ragi yang telah Anda persiapkan tadi yah aduk sampai rata.

Sambil menunggu kita bisa persiapkan plastik ataupun daun pisang sebagai bahan cetakan Tempe, jika cetakan sudah jadi masukkan biji kedelai yang sudah dicampur dengan ragi tadi yah kemudian tutup hingga rapat. Tapi jangan lupa beri sedikit lubang udara bagi yang menggunakan cetakan plastik. Setelah semua tahapan tadi sudah Anda lakukan sekarang tinggal menunggu proses jadinya Tempe selama kurang lebih 2x24 jam

Nah mudah sekali bukan Tahapan Pembuatan Tempe. So ini juga bisa menjadi inspirasi Peluang Usaha bagi Anda lho. Semuga berhasil yah om...

Related Cars


Nicestcar offers the latest car news as well as a look at the automotive past. Classic cars, muscle cars, exotic cars, supercars, everyday cars - All makes. All models.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Sitemap | Contact

© 2017 Hobi Aneka Usaha