Cara Perawatan Burung Cililin Cepat Gacor

Burung Cililin atau biasa disebut dengan nama tangkar ongklet adalah burung dengan sifat yang  angkuh dan juga gampang emosi. Burung ini sepertinya sangat tidak suka dengan burung bersuara keras yang melebihi suaranya itu terbukti jika ada burung lain yang bersuara keras burung ini langsung mengamuk dengan mengeluarkan suara sekeras-kerasnya, kedengarannya memang bagus tapi hal ini bisa berakibat fatal bagi burung di sekitarnya. Suaranya memang terbilang dahsyat selain panjang suaranya begitu melengking sehingga memekakan telinga. Dalam pemeliharaan burung ini perlu diperhatikan dan perlu pertimbangkan khusus apalagi bagi penghobi burung yang tidak banyak waktu dirumah, itu disebabkan sifat buruknya yang yang dalam kesehariannya sangat rakus dan suka memakan serangga dalam jumlah yang besar.

Habitat burung cililin di daerah perbukitan yang bersuhu dingin. Jadi untuk penjemuran sehari-harinya jangan terlalu lama.

Kepulauan Jawa: Platylophus galericulatus Galericulatus
Kalimanatan bagian utara: Platylophus galericulatus Lemprieri
Kepulauan Sumatera dan sebagian kalimantan:  Platylophus galericulatus coronatus
Semenanjung malaya: Platylophus galericulatus malacensis.

Makanan kegemaran burung Cililin di alam bebas berupa serangga seperti jangkrik, ulat, belalang dan lainnya. Buah buahan juga dapat membantu memelihara sistem pencernaan burung ini.

Berikut ini tips perawatan harian yang bisa diterapkan pada burung cililin agar tetap rajin bunyi dan tidak mudah stres yang berujung kematian.

  • Setiap pagi, burung dimandikan. Setelah dianginkan, burung dijemur dalam waktu tidak terlalu lama (20 – 30 menit).
  • Meski sudah makan voer total, cililin tetap membutuhkan pakan utama berupa serangga. Berikan jangkrik sebanyak 10 ekor pada pagi dan sore hari. Burung yang sehat akan lahap memakan jangkrik. Jika burung kurang agresif terhadap pakannya, berarti nafsu makannya rendah. Selama masa pengobatan, burung jangan dimandikan atau dijemur dulu. Berikan pakan yang bervariasi, seperti kroto, ulat, dan jangkrik.
  • Buah-buahan seperti pisang, pepaya dan sebagainya bisa ditawarkan sebagai alternatif pakan tambahan dan sumber nutrisi bagi burung cililin.
  • Jika burung yang sebelumnya mau makan voer, tetapi kemudian menolak, hal ini tidak bisa dianggap remeh. Segera berikan voer yang sudah dicampur dengan kroto untuk merangsang burung mau makan voer.
  • Dalam perawatan hariannya, cililin juga bisa dilatih makan telur rebus sebagai pengganti kroto sehari-harinya

Untuk membedakan Jenis Kelamin Anda bisa baca disini detailnya

Related Cars


Nicestcar offers the latest car news as well as a look at the automotive past. Classic cars, muscle cars, exotic cars, supercars, everyday cars - All makes. All models.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Sitemap | Contact

© 2017 Hobi Aneka Usaha