Ular Jaman Purba

Ngomong-ngomong pada masa jaman purba, anda pasti tau hewannya banyak yg gede-gede bukan nah... gimana klau ularnya kira-kira seberapa yah???

Titanoboa merupakan pemangsa terbesar atas tanah selepas kepupusan dinasour bagi tempoh sekurang-kurangnya 10 juta tahun atau mungkin lebih lama, jasadnya yang hampir hancur ditemui dalam sebuah lombong di Cerrejon, Colombia bersama fosil penyu dan beberapa ekor buaya.

FLORIDA Ular terbesar dunia sepanjang 14.63 meter, Titanoboa, muncul kembali untuk tontonan umum.

Institusi Kaji Selidik dan Pusat Pendidikan Smithsonian, Washington merakamkan Titanoboa untuk mengupas persoalan yang sering bermain diminda para saintis.

Smithsonian Channel mempamerkan Titanoboa seberat 1,134 kilogram yang pernah menghuni Bumi 60 juta tahun lalu melalui ukiran asal di Grand Central New York.

Paleontologi, kurator Muzium dan Sejarah Asal Florida, Dr Jonathan Bloch berkata, ular vertebrata itu dipercayai menghuni kawasan hutan hujan sejak zaman Paleosen.


Titanoboa, pron: , yang berarti " titanic boa , " adalah genus dari ular yang hidup sekitar 60-58000000 tahun yang lalu, selama zaman Paleosen, 10-juta tahun periode setelah peristiwa kepunahan dinosaurus. Satu satunya spesies yang dikenal adalah Titanoboa cerrejonensis, terbesar, terpanjang, dan ular terberat yang pernah ditemukan, yang menggantikan pemegang rekor sebelumnya, Gigantophis.

Dengan membandingkan ukuran dan bentuk fosil tulang dengan ular masa kini, peneliti memperkirakan T-cerrejonensis mencapai panjang maksimal 12 sampai 15 m (40 sampai 50 kaki), beratnya sekitar 1.135 kg (2.500 lb), dan berukuran sekitar 1 m (3 kaki) di diameter pada bagian paling tebal dari tubuh.
Yang terbesar delapan dari 28 ular T- Cerrejonensis ditemukan diperkirakan mencapai panjang 12,8 m (42 ft) (standar deviasi 2,2 m (7,2 ft)). Sebagai perbandingan, ular yang masih ada terbesar adalah Reticulatus Python , yang terukur sampai dengan 8,7 meter panjang (29 kaki), dan anaconda hijau atau umum , yang terukur hingga 5.21 meter panjang (17 kaki) dan dianggap ular terberat di Bumi. Di ujung lain dari skala, ada ular yg terkecil adalah Leptotyphlops carlae, dengan panjang sekitar 10 cm (4 in).

Pada tahun 2009, fosil dari 28 T-Cerrejonensis ditemukan di Formasi Cerrejón dari tambang batubara Cerrejón di La Guajira, Kolombia. Sebelum penemuan ini, fosil beberapa zaman Paleocene- vertebrata telah ditemukan di lingkungan tropis kuno Amerika Selatan.

Ular itu ditemukan pada sebuah ekspedisi oleh tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Jonathan Bloch, seorang ahli paleontologi dari University of Florida vertebrata, dan Carlos Jaramillo, seorang paleobotanist dari Smithsonian Tropical Research Institute di Panama.

Related Cars


Nicestcar offers the latest car news as well as a look at the automotive past. Classic cars, muscle cars, exotic cars, supercars, everyday cars - All makes. All models.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Sitemap | Contact

© 2017 Hobi Aneka Usaha